Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 2 (2025): Februari - April

Pengaruh User Generated Content Terhadap Keputusan Pembelian dengan E-Word of Mouth sebagai Variabel Mediasi dalam Perspektif Bisnis Islam

Niken Mita Sari (Unknown)
Madnasir (Unknown)
Rosilawati, Weny (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Dalam era digital, User Generated Content (UGC) dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh user generated content terhadap keputusan pembelian dengan e-word of mouth sebagai variable mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe explanatory reserch, dengan sampel 98 responden yang diperoleh oleh survei. Analisis data menggunakan Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa user generated content berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, user generated content berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-word of mouth. Namun e-word of mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu juga dengan e-word of mouth yang tidak memediasi hubungan antara user generated content terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini disarankan dapat dikembangkan dengan menambah variabel lain brand equity atau kepercayan yang mungkin memengaruhi keputusan pembelian, selain itu bisa memperluas sampel diberbagai daerah yang dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...