Penelitian ini menyelidiki efek keterlibatan dengan konten berkelanjutan pada platform media sosial pada promosi advokasi keberlanjutan, memanfaatkan kebiasaan berkelanjutan dan perilaku konsumsi berkelanjutan sebagai variabel perantara. Menggunakan metodologi Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS), data diperoleh dari 166 peserta yang memiliki pengalaman dalam memanfaatkan produk yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan dengan konten berkelanjutan memberikan pengaruh besar pada pembentukan kebiasaan berkelanjutan dan perilaku konsumsi berkelanjutan. Selain itu, kebiasaan berkelanjutan secara positif berkontribusi pada advokasi keberlanjutan, sedangkan perilaku konsumsi berkelanjutan tidak menunjukkan efek yang signifikan secara statistik pada advokasi keberlanjutan. Hasil ini menyoroti peran penting yang dimainkan media sosial dalam meningkatkan kesadaran dan mempengaruhi perilaku individu yang terkait dengan keberlanjutan. Ketika paparan konten berkelanjutan meningkat, individu lebih cenderung menumbuhkan kebiasaan yang selaras dengan keberlanjutan, berpotensi mendorong advokasi untuk keberlanjutan. Penelitian ini menganjurkan penguatan kampanye keberlanjutan di media sosial untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam masalah keberlanjutan serta untuk memperluas dampak menguntungkannya.
Copyrights © 2025