Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 2 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Implemnetasi Manajemen Marketing Pendidikan Blue Ocean Strategy Melalui Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatan Kuantitas Calon Peserta Didik Baru di Pondok Pesantren Aulia Cendekia

Hikmatul Hasanah (Universitas Indo Global Mandiri)
Muhammad Wadud (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat banyaknya Lembaga Pendidikan yang bersaing demi mendapatkan konsumen atau siswa untuk bisa masuk ke lembaganya masing-masing sehingga dibutuhkan suatu strategi untuk bisa merekrut banyak siswa atau meningkatkan kuantitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran proses manajemen strategi pemasaran yang terjadi di Pesantren Aulia Cendekia Palembang dalam mengembangkan Pesantren yang mengalami kenaikan peminat. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif ini akan menganalisis manajemen strategi dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam dengan perspektif Blue Ocean Strategy, yang mencakup tentang syarat perumusan dan fokusnya dalam perspektif Blue Ocean Strategy (BOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pesantren Aulia Cendekia Palembang telah memenuhi syarat Blue Ocean Strategy, yakni: a) Utilitas bagi pembeli, b) Harga strategis, c) Biaya dan d) Pengadopsian, dengan menawarkan terobosan baru berbasis pada kekhasan lembaga (slogan lembaga) dan keunggulan program lembaga yaitu program tahfidz non-mukim. Pesantren Aulia Cendekia Palembang telah melakukan tahapan perumusan strategi serta mengimplementasikannya menurut perspektif Blue Ocean Strategy yakni telah melakukan prinsip Eliminate, reduce, raise dan prinsip create. Pesantren Aulia Cendekia Palembang juga berhasil membangun networking dengan melibatkan teamwork dan juga mampu mengemplementasikan strategi marketing pendidikan Blue Ocean Strategy (BOS) melalui pemanfaatan media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...