Pendidikan karakter peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini untuk membentuk kebiasaan serta kesadaran anak dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media Ecodiorama Lingkungan sebagai alat bantu pembelajaran interaktif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sampel penelitian terdiri dari 22 anak kelompok B di RA Al Hidayah Pokaan, Kapongan, Situbondo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ecodiorama Lingkungan secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak dalam menjaga kebersihan lingkungan. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, pemahaman anak meningkat sebesar 30%, sementara observasi menunjukkan peningkatan perilaku positif, seperti konsistensi dalam membuang sampah pada tempatnya, kepedulian dalam merawat tanaman, serta inisiatif untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, hasil validasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa media ini memiliki keunggulan dalam daya tarik visual, interaktivitas, dan kesesuaian dengan karakteristik anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ecodiorama Lingkungan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pendidikan karakter, khususnya dalam menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Penerapan media ini dapat diperluas melalui pelatihan guru, kolaborasi dengan orang tua, serta integrasi teknologi interaktif untuk memperkaya pengalaman belajar anak.
Copyrights © 2025