Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENGARUH KREATIVITAS DOSEN, KOMPETENSI DOSEN, DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER MAHASISWA

Arpan, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer; (2) pengaruh kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer masing-masing terhadap hasil belajar; dan (3) pengaruh kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Bentuk penelitian adalah Ex-Post Facto dengan jumlah sampel 142 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat pengaruh: kreativitas dosen terhadap hasil belajar sebesar 34,3%; kompetensi dosen terhadap hasil belajar sebesar 25,8%; dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar sebesar 17,9%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 56,4%. Kata kunci:   kreativitas dosen, kompetensi dosen, fasilitas laboratorium komputer,                         hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...