Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan


Berkomunikasi dan Beradaptasi: Bagaimana Strategi Guru dalam Membantu Anak Berkebutuhan Khusus?

Nurselly (Unknown)
Anggraini, Nurlia (Unknown)
Badriyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru untuk membantu anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam berkomunikasi dan beradaptasi di kelas. Masalah utama yang dihadapi oleh ABK adalah keterbatasan komunikasi verbal dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, sehingga memerlukan pendekatan khusus dari guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada 4 guru yang mengajar ABK di SD IT Al-Aufa, Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi utama yang digunakan guru meliputi: (1) observasi dan asesmen awal untuk memahami kebutuhan individu anak, (2) mengenali bahasa tubuh dan ekspresi anak sebagai bentuk komunikasi, (3) memberikan pendekatan bertahap dalam membantu anak beradaptasi, (4) pengelolaan emosi guru dalam menghadapi tantangan interaksi dengan ABK, dan (5) penggunaan alat komunikasi alternatif seperti kartu gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi berbasis observasi, kesabaran, dan fleksibilitas membantu ABK dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah secara lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ILMU-PSIKOLOGI

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Other

Description

Jurnal Psikologi ini dikelola oleh Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan dengan masa terbit satu kali dalam satu tahun. Jurnal Psikologi merupakan publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian di bidang Ilmu Psikologi yang mengacu pada tiga konsentrasi yaitu Psikologi ...