Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan media Quizizz mode kertas pada siswa kelas V SD Negeri Bangsal 3. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian membuktikan bahwa Quizizz mode kertas memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Analisis data menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan rata-rata nilai kelas naik 13 poin, dari 63 (kategori sedang) pada Siklus 1 menjadi 76 (kategori tinggi) pada Siklus 2. Selain itu, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥70) meningkat dari 45% di siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Quizizz mode kertas efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Bangsal 3 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025