Ekonomi Bisnis
Vol 30, No 1 (2025)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL OVO UNTUK BERTRANSAKSI DI TOKOPEDIA

Sanusi, Ahmad (Unknown)
Kurnia, Dandy (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)
Siringoringo, Hotniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan dompet digital OVO untuk bertransaksi di tokopedia. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah unit analisis individu, yaitu pengguna aktif aplikasi tokopedia di wilayah Jakarta Barat yang melakukan transaksi dengan menggunakan dompet digital OVO. Penelitian ini menggunakan 100 orang responden yang dilakukan dengan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan penggunaan OVO untuk bertransaksi di Tokopedia. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan promosi merupakan faktor penting dalam adopsi teknologi baru. Temuan ini mengindikasikan bahwa OVO perlu terus meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasinya, seperti mempercepat proses transaksi dan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran. Program promosi yang menarik dan relevan juga perlu terus dilakukan untuk mempertahankan dan menarik pengguna baru. Variabel kepercayaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam penelitian ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh tingkat kepercayaan yang sudah cukup tinggi di kalangan pengguna OVO yang menjadi responden.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...