Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA pada Materi Barisan Aritmetika

Prameswari, Annisa Dyah (Unknown)
Abadi, Agung Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X mengenai materi barisan aritmetika. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan tiga siswa dipilih dari 36 siswa kelas X di salah satu SMAN di Karawang. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan kriteria kemampuan yang bervariasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Data yang dikumpulkan melalui instrumen tes dan non-tes (wawancara), kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Siswa dengan kategori tinggi hanya tidak memenuhi indikator memeriksa kembali, siswa dengan kategori sedang hanya memenuhi dua indikator yaitu menyusun rencana dan melaksanakan rencana, dan siswa kategori rendah hanya melaksanakan rencana dengan hasil yang diperoleh kurang tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...