Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sering menghadapi tekanan akademik yang tinggi, baik dari tuntutan akademik, ekspektasi pribadi, maupun lingkungan sosial, yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis mereka. Jika kesejahteraan psikologis terganggu, mahasiswa berisiko mengalami stres berlebihan, kecemasan, bahkan burnout, yang dapat menghambat proses penyelesaian skripsi. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mendukung kesejahteraan psikologis mahasiswa, seperti dukungan sosial dan efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dukungan social terhadap kesejahteraan psikologis dengan efikasi diri sebagai variable mediator pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Metode mengumpulkan data melalui skala dukungan sosial, kesejahteraan psikologis, efikasi diri. Respon dalam penelitian ini berjumlah 280 mahasiswa, diperoleh melalui Teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Teknik Structural Equation Sampling (SEM) menggunakan dengan SmartPLS. Hasil menunjukkan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan dan kuat terhadap kesejahteraan psikologis. Sama halnya dengan dukungan sosial yang berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri. Selain itu, efikasi diri juga berperan sebagai mediator dalam hubungan antara dukungan sosial dan kesejahteraan psikologis, artinya efek mediasi ini berfungsi dan efektif.
Copyrights © 2025