COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 2 (2025)

Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar

Yulia Lestari (Unknown)
Farizal Imansyah (Unknown)
Anggria Septiani Mulbasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar, harapan peneliti agar dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran IPA melalui model discovvery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini menggunkan desain metode Quasi Exsperimental dengan jenis pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan V.C dengan total 49 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik tes dan dokumentasi, dan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 2,908, melebihi nilai t tabel sebesar 1,677 dengan tingkat singnifikan < 0,05 (0,000- 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...