Penelitian ini menyelidiki bagaimana pendekatan Design Thinking yang berpusat pada manusia dapat mengubah secara signifikan inovasi dan strategi bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan mengambil studi kasus UMKM Pentol Porang. Design Thinking, penelitian ini menunjukkan bagaimana design thinking dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masyarakat yang kurang makan sayur dan buah di Indonesia, melalui pengembangan produk cemilan pentol porang yang inovatif. pentol porang menjadi contoh praktis, menerapkan Design Thinking sepanjang proses pengembangan bisnisnya. Rincian tahapan dari Design Thinking - Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang diuraikan secara cermat. Bisnis ini memanfaatkan tentang ketidaksukaan masyarakat terhadap konsumsi sayuran dan menghasilkan cemilan pentol berbahan porang. Artikel membahas implementasi dan pengujian produk, di mana memperkenalkan pentol porang kepada Masyarakat, promosi dan mencari umpan balik dari temanteman dan rekan digunakan untuk memahami kelebihan dan kekurangan produk. Pendekatan ini sejalan dengan metodologi Design Thinking, dengan fokus pada perbaikan berkelanjutan. pentol porang juga memanfaatkan Design Thinking untuk menciptakan solusi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis secara keseluruhan
Copyrights © 2025