Mahasiswa sering menghadapi tantangan dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas yang mencerminkan kemampuan analisis kritis. Permasalahan ini timbul akibat kurangnya pelatihan terstruktur yang mengintegrasikan keterampilan analisis dan penulisan ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa melalui pelatihan penulisan karya ilmiah di tingkat universitas. Metode Participatory Action Research (PAR) diterapkan, melibatkan mahasiswa secara aktif dalam setiap tahapan pelatihan, mulai dari identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, hingga evaluasi. Kegiatan pelatihan mencakup pemahaman struktur karya ilmiah, teknik analisis data, serta praktik penulisan yang sesuai dengan kaidah akademik. Temuan menunjukkan bahwa partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pelatihan ini meningkatkan pemahaman mereka terhadap metode penulisan ilmiah dan kemampuan analisis kritis. Selain itu, pelatihan ini berhasil menghasilkan draft karya ilmiah dari peserta yang memenuhi standar akademik. Kesimpulannya, pelatihan berbasis metode PAR efektif dalam meningkatkan kemampuan analisis dan penulisan ilmiah mahasiswa, sekaligus memperkuat pemahaman mereka terhadap pentingnya kontribusi ilmiah dalam dunia akademik
Copyrights © 2025