Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berfokus pada pemanfaatan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas XI IIS 6 di SMA Negeri 8 Mataram pada tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan data diambil memalui tes. Pengamatan hasil ujian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara konsisten di kedua siklus dibandingkan dengan hasil belajar di siklus sebelumnya. Kriteria berhasil pada penerapan tes siklus kedua. Kemajuan belajar siswa terjadi di setiap siklus, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 31% sebelum siklus menjadi 62% pada siklus I. Terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II, di mana ketuntasan klasikal mencapai 79% setelah penggunaan media Wordwall. Data yang diperoleh dari pengamatan di kelas menunjukkan bahwa menggunakan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan Wordwall dalam pelajaran Pendidikan Pancasila telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025