Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas XI IIS 6 SMA Negeri 8 Mataram

Nurmayanti, Ayu (Unknown)
Kurniawansyah, Edy (Unknown)
Baihi, Baihi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berfokus pada pemanfaatan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas XI IIS 6 di SMA Negeri 8 Mataram pada tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan data diambil memalui tes. Pengamatan hasil ujian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara konsisten di kedua siklus dibandingkan dengan hasil belajar di siklus sebelumnya. Kriteria berhasil pada penerapan tes siklus kedua. Kemajuan belajar siswa terjadi di setiap siklus, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 31% sebelum siklus menjadi 62% pada siklus I. Terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II, di mana ketuntasan klasikal mencapai 79% setelah penggunaan media Wordwall. Data yang diperoleh dari pengamatan di kelas menunjukkan bahwa menggunakan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan Wordwall dalam pelajaran Pendidikan Pancasila telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...