Desain pembeljaran yang efektif dan berpusat pada siswa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat Madrasah Aliyah (MA). Desain pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PBL) telah diterapkan di Madrasah Aliyah Asshohwah Al-Islamiyah Bilatepung dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, terutama dalam hal kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan PBL, mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang dihadapi, serta menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur yang mengkaji berbagai studi dan artikel terkait PBL di MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain pembelajaran berbasis proyek di MA Asshohwah Al-Islamiyah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa yang terlibat dalam PBL menunjukkan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa hambatan dalam mengimplementasikan model pembelajaran ini, seperti kesiapan guru dalam menerapkan PBL dan ketersediaan sumber daya serta fasilitas yang memadai di sekolah. Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan upaya peningkatan kompetensi guru serta perencanaan yang matang dalam mendesain pembelajaran berbasis proyek. Dengan mengatasi hambatan ini, diharapkan penerapan PBL dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MA Asshohwah Al-Islamiyah Bilatepung.
Copyrights © 2025