Artikel ini membahas pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) optimalisasi hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis dan memanfaatkan data AKMI untuk perencanaan serta evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom selama satu minggu dan diikuti oleh 20 guru Madrasah Ibtidaiyah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pemberian materi, penugasan dan tes. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil memberikan wawasan baru kepada peserta, khususnya dalam memahami konsep literasi numerasi, literasi membaca, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Peserta mampu mengintegrasikan literasi tersebut ke dalam pembelajaran di kelas secara lebih efektif. Selain itu, pelatihan juga meningkatkan kemampuan guru dalam menganalisis data AKMI untuk digunakan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang lebih terarah. Respon peserta menunjukkan bahwa mereka merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan relevan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025