Penyampaian materi dalam proses pembelajaran diharapkan dapat dipahami oleh mahasiswa dengan baik. Pemahaman materi diperlukan model pembelajaran yang sesuai, sedangkan kemampuan mahasiswa berbeda-beda. Kesulitan dalam adaptasi pembelajaran menjadi kendala pengajar dan mahasiswa. Kendala pengajar yaitu penyampaian materi yang tepat, sedangkan mahasiswa adalah menerima materi agar dapat dipahami dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan pengajar dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dari metode PTK menggunakan dua siklus, setiap siklus nya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik perolehan data pada penelitian ini melalui pemberian tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 menunjukkan masih banyak mahasiswa yang belum memenuhi capaian ketuntasan yaitu sebesar 60%. Metode kombinasi digunakan utnuk meningkatkan tingkat pemahaman mahasiswa khususnya dalam mengambil mata kuliah menggambar teknik. Penggunaan metode tersebut meningkatkan pemahaman mahasiswa di setiap siklus nya yaitu rata-rata sebesar 19,57 %.
Copyrights © 2025