Di era globalisasi dan kemajuan teknologi abad ke-21, dunia pendidikan dituntut untuk melatihkan siswa berbagai keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah. Salah satu keterampilan yang sangat krusial untuk dilatihkan dalam pembelajaran adalah keterampilan berpikir kreatif, karena dapat membantu siswa menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Namun, realitas di beberapa sekolah menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah, sebab belum menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan CPBL. Metode penelitian menggunakan quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup 355 siswa, dengan sampel sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian sebanyak 12 soal dan instrumen non-tes berupa angket. Hasil analisis data menyatakan bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua kelas. Kemudian perhitungan gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan KBK dalam kategori sedang untuk kelas eksperimen setelah penerapan CPBL dengan respons positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025