Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business)
Vol 6 No 1 (2025): Journal of Tax and Business

Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal

Meutia, Rahmi (Unknown)
Chandra, Riny (Unknown)
Tantawi, Rahmad (Unknown)
Mora, Zulkarnen (Unknown)
Maulidan, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan persepsi label halal terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, metode regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi). Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS versi 26, dengan tingkat error sebesar 5%. Dari hasil penelitian yang dilakukan, hasil uji t yaitu pengetahuan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal, dan persepsi label halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Hasil uji F menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan persepsi label halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Hasil uji koefisien determinasi menjelaskan bahwa 29% keputusan pembelian produk berlabel halal dipengaruhi oleh pengetahuan produk dan persepsi label halal. Sedangkan 71% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal JPB is a journal that is managed and published by Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia which contains research results and thoughts of scholars in the field of Accounting Science both academics and practitioners, published twice a year in May and September. (1) Accounting Information Systems, ...