Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENULIS PUISI KELAS X

Latifah, Intan Muzahiyatul (Unknown)
Tsalitsatul Maulidah (Unknown)
Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan ancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya yaitu analisis deskripstif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan kenaikan kemampuan menulis puisi siswa. Pada skor pretest menulis puisi siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 21,32, mengalami peningkatan pada skor posttest dengan rata-rata sebesar 21,84. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Pendidikan (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Vokasi) 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran 3. Pengembangan model/program ...