Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi metakognitif dalam keterampilan membaca bahasa Mandarin serta mengidentifikasi respons mahasiswa angkatan 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang terhadap strategi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus pada strategi metakognitif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran membaca bahasa Mandarin melibatkan tiga tahapan utama, yaitu: (1) perencanaan, yang mencakup penetapan tujuan membaca dan pemilihan strategi yang sesuai; (2) pemantauan, yang melibatkan refleksi dan evaluasi pemahaman selama membaca; dan (3) evaluasi, yang berfokus pada menilai efektivitas strategi yang telah digunakan serta menyusun perbaikan untuk pembelajaran berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi metakognitif ini. Mereka menilai strategi tersebut mudah dipahami, materi yang disajikan jelas, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca. Selain itu, strategi ini juga membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri dalam berpikir kritis dan lebih termotivasi dalam mempelajari bahasa Mandarin.
Copyrights © 2025