Jurnal Suluh Pendidikan
Vol 13 No 1 (2025): Maret 2025

DAMPAK PENERAPAN ISO 15378 DALAM MEMPERTAHANKAN MANAJEMEN KUALITAS PRODUK TERHADAP FORECASTING TIME SERIES PENJUALAN OBAT DI CV. KIRANA CAHAYA SEJAHTERA KOTA GUNUNGSITOLI

Lase, Soterius (Unknown)
Zai, Kurniawan Sarototonafo (Unknown)
Kakisina, Sophia Molinda (Unknown)
Bate'e, Maria Magdalena (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi manajemen kualitas produk obat-obatan dan untuk mengevaluasi dampak penerapan ISO 15378 dalam mempertahankan manajemen kualitas produk terhadap Forecasting Time Series penjualan obat di CV. Kirana Cahaya Sejahtera Kota Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling dengan jumlah sebanyak 75 orang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat dampak atau pengaruh penerapan dampak penerapan ISO 15378 dalam mempertahankan manajemen kualitas produk terhadap forecasting time series penjualan obat di CV. Kirana Cahaya Sejahtera Kota Gunungsitoli sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan uji regresi linear sederhana, diperoleh hasil F hitung sebesar 17.468 dengan tingkat signifikansi/probabilitas 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model regresi memiliki pengaruh terhadap forecasting time series penjualan obat. Berdasarkan pengujian hipotesis ternyata bahwa penerapan ISO 15378 dalam mempertahankan manajemen kualitas produk berdampak terhadap forecasting time series penjualan obat di CV. Kirana Cahaya Sejahtera Kota Gunungsitoli. Sebab berdasarkan perhitungan thitung > ttabel yaitu 2.326 > 1.697. Kata Kunci : ISO15378, Manajemen Kualitas, Forecasting

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the ...