Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol. 4 No. 2 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Ta’līm Al-Nahw Bi Madkhal Al-Ta’allum Al-Ta’āwunī Bi Uslūb (STAD) Bi Ma’had Dār Al-‘Ulūm Al-‘Ashrī Banda Aceh

Utami, Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Qawā’id merupakan komponen penting dari bahasa yang dipelajari siswa dalam belajar bahasa Arab. Dan pelajaran Nahwu salah satu pelajaran yang dipelajari oleh siswa Pesantren Modern Darul Ulum, Banda Aceh. Metode pembelajaran yang digunakan di pesantren ini adalah metode tradisional dan kurang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran Nahwu dengan petunjuk yang diperoleh setelah peneliti melalukan  observasi bahwa siswa-siswa lemah dalam penguasaan materi Nahwu, mereka tidak mampu mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam pembelajaran Nahwu, baik dari segi keterampilan mendengar, berbicara, membaca maupun menulis. Dari uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum dalam pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik STAD. Untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan, peneliti merancang penelitian eksperimental untuk penelitian ini. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan metode post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan teknik STAD meningkatkan nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, ...