Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) di Perguruan Tinggi XYZ mempunyai peran penting dalam mendukung kegiatan akademik. Namun, sistem ini belum memiliki dokumentasi pelaporan pengujian yang memadai, yang dapat mempengaruhi kualitas dan keandalan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas SIAKAD menggunakan pendekatan exploratory testing dan black box testing serta menghasilkan laporan hasil yang terstruktur. Laporan yang disusun mencakup hasil pengujian tiap modul, skenario pengujian, tingkat keberhasilan dan kegagalan, serta rekomendasi perbaikan sistem. Exploratory testing diterapkan untuk mengidentifikasi skenario pengujian tanpa memerlukan dokumentasi rinci, sementara black box testing digunakan untuk menguji fungsionalitas berdasarkan spesifikasi tanpa melihat source code. Hasil pengujian melibatkan 318 kasus uji pada 11 modul, dengan tingkat keberhasilan 77,36% dan kegagalan 22,64%. Fitur inti seperti Login , tahun ajaran, paralel, dan absensi diuji secara komprehensif. Studi ini memberikan rekomendasi untuk memperbaiki validasi Input dan penguatan proses bisnis guna meningkatkan keandalan sistem.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025