Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) amanat utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus; 2) amanat pendukung-1 cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus; 3) amanat pendukung-2 cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus. Penelitian ini dilaksanakan di awal semester genap 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran amanat utama dan amanat pendukung cerita rakyat Badang Perkasa yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus. Mereka berjumlah 93 siswa dari 105 siswa kelas 7. Sampel ditetapkan sejumlah 75 siswa; masingmasing 25 siswa pada tiga kelas paralel. Data tema utama dan tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup. Setiap data amanat utama dan amanat pendukung cerita rakyat Badang Perkasa dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui teknik tabulasi. Hasil penelitian: 1) amanat utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa adalah carilah kekuatan yang bersumber dari ketakqaan kepada Allah Taala; 2) amanat pendukung-1 cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa adalah jangalah menyekutukan Allah Taala; 3) amanat pendukung-2 cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus adalah patuhilah perintah atasan.
Copyrights © 2025