Laboratorium memainkan peran penting sebagai tempat aplikasi teori, uji coba, dan penelitian. Pemanfaatan laboratorium mendukung pengembangan keterampilan ilmiah siswa, mempermudah pemahaman konsep, serta meningkatkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini, laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci dievaluasi kesesuaiannya dengan standar nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat apakah laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci sudah sesuai standar yang telah ditetapkan dalam permendiknas nomor 24 tahun 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Aspek yang diamati meliputi ruang laboratorium dengan skor (71,42%) dengan kategori baik, perabot dengan skor (80,95%) dengan kategori baik, peralatan pendidikan dengan skor (69,91%) dengan kategori baik, media pendidikan dengan skor (100%) dengan kategori sangat baik dan perlengkapan lainnya dengan skor (66,66%) dengan kategori baik. Hasil penelitian secara keseluruhan laboratorium di SMPN 5 Kerinci dengan persentase skor (77,78%) dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium di SMPN 5 Kerinci sudah memenuhi standar laboratorium IPA yang dikeluarkan oleh pemerintah.
Copyrights © 2025