Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2024): Juli: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP)

Pengembangan Video Komik Sebagai Media Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Kuartil Data

Susanti, Magdalena (Unknown)
Nurmaningsih (Unknown)
Saputro, Marhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa video komik sebagai media dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi kuartil data yang dapat mencapai tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Dalam penelitian metode yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dan Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Koperasi Pontianak dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon, dan posttes. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi ahli media dan materi yaitu dengan nilai rata-rata keseluruhannya memperoleh persentase 82,72% dengan kriteria sangat valid. Dan validasi angket respon guru dan siswa dengan nilai rata-rata keseluruhannya keseluruhannya memperoleh persentase sebesar 81,34% dengan kriteria sangat valid. Kedua adalah nilai kepraktisan dilihat dari angket respon guru dan siswa dengan nilai rata-rata keseluruhannya memperoleh persentase sebesar 93,14% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan media video komik yang dikembangkan diperoleh dari hasil posttest siswa. Untuk hasil ketuntasan kelas (%) ≥ 75 yang diperoleh sebesar 78,95% dengan kriteria efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP), dengan E-ISSN : 2962-3081 adalah jurnal ilmiah penelitian pendidikan. Jurnal ini menerbitkan artikel tentang hasil penelitian di bidang pendidikan baik dalam arti luas (pendidikan umum) maupun spesifik (mengacu pada bidang studi tertentu). Jurnal ...