Program pelatihan e-learning yang diselenggarakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Gresik selama ini menerapkan evaluasi yang masih terbatas pada level 1 (kepuasan peserta) dan level 2 (peningkatan pengetahuan dan keterampilan) berdasarkan Model Evaluasi Donald Kirkpatrick. Sementara evaluasi level 3 (peningkatan kinerja pegawai) dan level 4 (peningkatan kinerja perusahaan) belum dilaksanakan secara komprehensif, sehingga efektivitas program pelatihan belum dapat dinilai secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi program pelatihan e-learning di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Gresik dengan fokus pada evaluasi pasca pelatihan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap 13 orang pegawai yang telah mengikuti program pelatihan e-learning pada semester 1 tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan e-learning memberikan dampak positif, meliputi perubahan signifikan dalam cara berpikir dan perilaku kerja pegawai, penerapan pengetahuan baru yang relevan dan keterampilan teknis dalam pekerjaan, peningkatan sikap positif pegawai terhadap pekerjaan, serta dukungan lingkungan dalam implementasi program pelatihan. Dampak positif tersebut tercermin dari peningkatan Nilai Kinerja Pegawai dibandingkan sebelum mengikuti program pelatihan e-learning.
Copyrights © 2025