Journal of Educational Technology Studies and Applied Research
Vol 1 No 3 (2025): April 2025

Pengembangan Animasi Pembelajaran Materi Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Autis

Umar Ismail (Unknown)
Zainul Abidin (Unknown)
Otto Fajarianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran animasi terkait mitigasi bencana yang efektif, praktis, dan layak digunakan oleh siswa autisme di SLB Autis. Produk berupa media animasi yang menggabungkan visual bergerak dan audio, berfokus pada mitigasi bencana gempa bumi, mencakup jenis bencana, ciri-ciri, langkah penyelamatan diri, dan prosedur evakuasi sederhana. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sadiman. Validasi materi dan media dilakukan secara bertahap, dengan perbaikan yang menyesuaikan kebutuhan siswa autisme. Hasil validasi media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 85,33%, dengan saran untuk menyederhanakan tampilan menu. Evaluasi formatif dilakukan dalam tiga tahap: evaluasi satu lawan satu (83%), evaluasi kelompok kecil (88%), dan uji lapangan (79,5%), menunjukkan bahwa media layak digunakan. Analisis hasil belajar dari 38 siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan setelah menggunakan media, dengan perbaikan signifikan pada nilai post-test dibandingkan pre-test. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan media pembelajaran yang inklusif dan adaptif, mendukung pemahaman siswa autisme terhadap materi mitigasi bencana, serta meningkatkan kesiapsiagaan mereka menghadapi bencana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetsar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The focus and scope accepted in JETSAR is the ethical study and application of theory, research, and practices to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners through strategic design, management, implementation, and evaluation of learning experiences and environments ...