Background: Terbatasnya pengetahuan dan lemahnya rasa percaya diri dapat membawa dampak negatif yang harus segera ditangani. Banyak anggota IPNU IPPNU, terutama yang baru, merasa gugup dan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman, rasa takut salah, atau merasa tidak cukup berpengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelatihan literasi dalam meningkatkan kemampuan presentasi peserta. Metode: Metode yang digunakan meliputi Perencanaan, pelatihan dan pembinaan tindak lanjut hasil pelatihan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan literasi memberikan dampak yang signifikan sebesar 80% terhadap peningkatan kepercayaan diri, kemampuan berbicara didepan publik, kemampuan menyusun struktur presentasi, dan kemampuan beradaptasi dengan berbagai situasi. Kesimpulan: Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan literasi merupakan investasi yang penting bagi individu untuk meraih kesuksesan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.
Copyrights © 2025