Education and Counseling Journal
Vol 4 No 2 (2024): Edisi Agustus

MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH BESUKI

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Istifadah, Shovi Yatul (Unknown)
Rahmawati R, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan berlandaskan kedisiplinan diberbagai sekolah kurang berkembang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran berbagai pihak di tk dalam membiasakan diri disiplin. penelitian ini menggunakan metode kualitatif di TK Al Irsyad Besuki Situbondo. Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa TK Al Irsyad Al Islamiyyah telah mengimplementasikan metode pembiasaan secara sistematis dan komprehensif untuk menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan mencakup keteladanan, konsistensi, penguatan positif, dan kolaborasi dengan orangtua. Metode pembiasaan ini diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran dan aktivitas harian dengan berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode pembiasaan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan anak, khususnya dalam aspek disiplin waktu, ibadah, dan akhlak. Keberhasilan program ini tidak terlepas dari konsistensi penerapan di sekolah dan dukungan orangtua di rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...