Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (FIPA)
Vol 10, No 2 (2022): FIPA 19

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA LAYANAN DI PT PEGADAIAN: STUDI KASUS PERMASALAHAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

Antika, Rini (Unknown)
Yusdita, Elana Era (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja layanan di PT Pegadaian, sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa keuangan, khususnya layanan gadai dan pembiayaan. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, data sekunder diperoleh dari artikel jurnal ilmiah, penelitian terdahulu, dan laporan riset terkait selama lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti manajemen sumber daya manusia, efisiensi operasional, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selain itu, faktor eksternal seperti persaingan dengan lembaga keuangan lain dan perubahan regulasi pemerintah juga turut memengaruhi kinerja layanan. Penelitian ini merekomendasikan agar PT Pegadaian melakukan evaluasi menyeluruh terhadap faktor-faktor tersebut untuk merumuskan strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas layanan dan daya saing di industri jasa keuangan Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FIPA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The proceedings contain papers in the field of accounting science and education that have been presented in Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi or Scientific Forum on Accounting Education (FIPA). This forum not only contains paper presentations, but also seminars with competent speakers in accounting ...