ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada saat menggiring bola dengan menggunakan bola plastik yang dimodifikasi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah Kelas VIII. 4 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknologi pengumpulan data menggunakan pengukuran dengan menggunakan alat pengumpul data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggiring bola meningkat ketika diterapkan metode pembelajaran menggiring bola dengan menggunakan bola plastik yang dimodifikasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan dribbling pada tes yang diberikan, dengan nilai rata- rata 73,82 (peningkatan 6,27%) pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,07% sedangkan nilai mean sebesar 82,71%. Kata Kunci: Modifikasi, Hasil Belajar, Menggiring Bola ABSTRACT The aim of the research is to determine the increase in learning outcomes when dribbling a ball using a modified plastic ball. The method used is descriptive research in the form of classroom action research. The research subject is Class VIII. 4 SMP Negeri 18 Bengkulu City consisting of 12 female students and 20 male students. Data collection technology uses measurements using data collection tools in the form of tests. The results of the study showed that dribbling ability increased when the dribbling learning method using a modified plastic ball was applied. This was shown by an increase in dribbling ability on the test given, with an average score of 73.82 (6.27% increase) in the cycle. I. Cycle II experienced an increase of 19.07% while the mean value was 82.71%s Keywords: Modification, Learning result, Dribbling
Copyrights © 2024