Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit merupakan subsistem di Rumah Sakit yang memproses seluruh informasi berkaitan dengan manusia sebagai pengguna sesuai dengan perannya masing-masing. Tersusunnya suatu sistem dengan baik tentunya tidak hanya dari sistem yang telah terbentuk atau teknologi yang dikembangkan. Tanpa dilengkapi dengan adanya sumber daya manusia yang mau berkomitmen dalam memberikan pelayanan sistem itu tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan Penelitian: mengetahui Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Kota Kendari. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Desember 2024 - Januari 2025. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan desain survey deskriptif. Jumlah sampel 100 responden. Hasil analisis statistik indikator kualitas sistem terhadap kepuasan pasien didapatkan hasil analisis 0.002 < α 0.05, indikator kualitas layanan terhadap kepuasan pasien didapatkan hasil analisis 0.022 < α 0.005 sedangkan indikator kualitas layanan terhadap kepuasan pasien didapatkan hasil analisis 0.004 < α 0.05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil yaitu ada pengaruh implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit terhadap kepuasan pasien, dengan hasil uji analis statistik didapatkan nilai p-value 0.006 < α 0.005. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bahwa SIMRS berdasarkan kualitas system, kualitas informasi dan kualitas layanan dapat mendorong kepuasan pengguna menjadi unsur yang sangat penting menciptakan manfaat bagi organisasi dan pengguna. Diharapkan rumah sakit dapat terus memaksimalkan sistem yang dimiliki guna kepuasan pasien yang menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.
Copyrights © 0000