Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memprofilkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Sampel dalam penelitian yaitu 36 siswa SMP Negeri 8 Mataram kelas VIII yang terdiri dari masing-masing 2 kategori kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang dan rendah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk 2 butir soal uraian dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa berkemampuan koneksi matematis tinggi mampu menguasai ketiga indikator koneksi matematis yaitu 1). Menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari, 2). Menghubungkan antara konsep matematika dengan konsep lain, dan 3). Menghubungkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. (2) Kemampuan koneksi matematis pada siswa berkatagori sedang memenuhi 2 indikator kemampuan koneksi matematis yaitu 1). menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, 2). menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari. (3) Siswa berkemampuan rendah tidak dapat menggunakan ketiga aspek kemampuan koneksi matematis.
Copyrights © 2025