Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan manajemen anggaran pendidikan Islam di Indonesia dengan fokus pada efektivitas alokasi dana, distribusi anggaran, serta tantangan dan peluang yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap kebijakan anggaran yang berlaku di Kementerian Agama dan instansi terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan anggaran untuk pendidikan Islam dalam beberapa tahun terakhir, masih terdapat ketidakseimbangan dalam distribusi anggaran antar lembaga pendidikan Islam dan keterbatasan pengelolaan dana. Salah satu tantangan utama adalah minimnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran, yang sering kali berdampak pada rendahnya efektivitas penggunaan dana. Di sisi lain, peluang untuk perbaikan dapat ditemukan melalui peningkatan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta peran serta masyarakat dalam mengawasi penggunaan anggaran pendidikan Islam. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan yang lebih terintegrasi dan berbasis pada prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas guna meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025