eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BAHASA BALI UNTUK GENERASI MUDA

Sasmita Prayoga, I Kadek Dhiyo (Unknown)
Dwija Putra, I Dewa Alit (Unknown)
Yantami , Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, termasuk bahasa Bali. Namun, bahasa Bali mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran bahasa Bali yang menarik dan mudah digunakan oleh generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan aplikasi dengan fitur interaktif dan menggunakan elemen gamifikasi. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara dengan generasi muda Bali serta ahli bahasa Bali dan ahli UI/UX. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis matriks perbandingan untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan. Aplikasi ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman generasi muda terhadap bahasa Bali. Aplikasi ini memiliki fitur seperti permainan edukatif, kuis, dan materi pembelajaran dalam bentuk audio-visual. Aplikasi pembelajaran bahasa Bali yang interaktif dan multimedia sangat efektif dalam mengatasi penurunan penggunaan bahasa Bali di kalangan generasi muda. Penggunaan elemen gamifikasi dalam aplikasi ini dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini membantu upaya pelestarian bahasa dan budaya Bali serta memberikan saran untuk pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa daerah lainnya. Kata kunci: Bahasa Bali, Aplikasi Pembelajaran, Gamifikasi, Pelestarian Bahasa, Multimedia Interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...