eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN CONCEPT ART GAME PASUKAN PENERJUN PADA OPERASI TRIKORA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PASKA KEMERDEKAAN

Widjajasoekma, Muhammad Haykal Alfadri (Unknown)
Hardianto, Irfan Dwi (Unknown)
Adharamadinka, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Kurangnya media entertainment yang mempersentasikan kejadian sejarahPasca Kemerdekaan Indonesia menjadikan suatu fenomena yang perlu dibahas, salah satukejadian itu adalah Pembebasan Irian Barat atau yang dikenal sebagai Operasi Trikora.Kejadian sejarah ini dapat diangkat menjadi sebuah media video game untukpembelajaran sejarah modern namun untuk perancangannya dibutuhkannya visualisasidengan sumber historis. Perancangan visual dibuat dengan metode kualitatif dandikumpulkannya sumber sejarah dengan metode studi pustaka, studi dokumentasi,observasi tidak langsung, dan karya sejnis untuk merancang ide besar concept art yangbertemakan Penerjun Trikora. Ide besar concept art yang meliputi karakter, senjata,kendaraan dan scenario lingkungan dapat menjadi visualisasi game yang bertemakanOperasi Trikora dengan target remaja yang masih dalam pengembangan ilmupengetahuan dan gemar bermain video game. Kata kunci: sejarah, video game, concept art, trikora, visual

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...