eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN BUKU PANDUAN WISATA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI MEDIA INFORMASI KAWASAN PASAR LAMA KOTA TANGERANG

Cahya, Ananda Dwi (Unknown)
Kusuma, Paku (Unknown)
Suprayogi, Bambang Melga (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Kawasan Pasar Lama/Pecinan Tangerang sebagai kawasan budaya (urban heritage) yang berlokasi di Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang. Kawasan ini menjadi tempat berburu kuliner dengan berbagai pilihan, tempat wisata sejarah dan budaya karena terdapat bangunan yang memiliki nilai sejarah budaya yang tinggi. Namun, dengan potensi yang ada, Pasar Lama justru belum memiliki identitas visual dan masih kurang tertata dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan perancangan identitas visual yang baik serta memberikan buku panduan wisata yang dapat meningkatkan nilai dari Kawasan tersebut, dengan harapan bisa menarik minat kunjungan wisatawan ke Kawasan Pasar Lama Kota Tangerang dan pengalaman yang baik dan menarik bagi pengunjung. Metode yang digunakan dalam proses perancangan ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, studi literatur yang dianalis dengan matriks perbandingan, analisis SWOT, AOI. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi di Kawasan Pasar Lama Kota Tangerang, sehingga Kawasan Pasar Lama Kota Tangerang memiliki ciri khas dan dapat menjaga keberagaman, hingga membantu Kawasan ini bersaing sebagai tempat wisata yang unik dari banyaknya destinasi yang ada di Indonesia. Kata kunci: kawasan Pasar Lama, identitas visual, media informasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...