Tata rambut merupakan salah satu hal yang sangat penting khususnya bagi para pria. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, bermunculan barbershop yang menawarkan berbagai jenis layanan potong rambut. Bisnis barbershop juga memiliki permasalahan dan rintangan tersendiri seperti pelanggan yang menumpuk, sistem antrian yang tidak tertata dengan rapi, hingga minimnya waktu customer saat ingin keluar rumah untuk mencukur rambut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aplikasi mobile yang dapat melakukan reservasi secara online di barbershop dan juga melakukan panggilan pemangkas rambut untuk datang ke rumah. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara meliputi observasi, kuesioner, studi pustaka dan juga wawancara kepada beberapa stakeholder terkait yaitu calon customer, calon mitra, dan juga praktisi di bidang user interface design. Setelah data diperoleh, proses perancangan dimulai menggunakan metode design thinking. Mulai dari tahap emphatize, define, ideate, prototype, hingga testing. Manfaat dari penelitian ini untuk memberikan solusi dan manfaat dari masalah – masalah yang dihadapi oleh pelaku bisnis barbershop diantaranya yaitu menghadirkan sistem antrian di barbershop yang tertata secara rapi, dan dapat melakukan panggilan pemangkas rambut ke rumah. Kata Kunci : aplikasi mobile, user interface, user experience, barbershop
Copyrights © 2025