eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN STORYBOARD UNTUK MENDUKUNG PROSES PRODUKSI ANIMASI 2D MENGENAI PENTINGNYA MENJAGA JEJAK DIGITAL UNTUK PERSONAL BRANDING MAHASISWA

Ramaputri, Anneta (Unknown)
Fiandra, Yosa (Unknown)
Rezaldi, Muhammad Yudhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Jejak digital adalah rekaman dari semua kegiatan yang dilakukan oleh seorang individu ketika menggunakan laman internet. Karena Indonesia sudah memasuki era digital, pembahasan akan hal tersebut menjadi topik hangat terutama jika hal tersebut dapat mempengaruhi akan penggunaan personal branding mereka dalam kesempatan untuk berkarir. Personal branding yang merupakan citra diri seorang untuk membantu dalam proses pengembangan karir rentan untuk tidak dimaksimalkan ketika jejak digital seorang individu tidak dijaga sehingga merusak citra diri yang sudah dikembangkan. Untuk itu, perancangan storyboard untuk animasi 2D ini bertujuan sebagai media edukasi untuk meningkatkan kesadaran untuk menjaga jejak digital dan memaksimalkan penggunaan personal branding dalam prosesnya. Dengan memberikan narasi yang sesuai dan visualisasi akan cerita tersebut untuk menarik perhatian para mahasiswa yang berkuliah di Bandung untuk membangun karier dan keselamatan mereka dalam menjaga jejak digital. Pengumpulan data dilaksanakan secara mandiri melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil analisis pun menunjukkan adanya kesadaran umum yang dimiliki para mahasiswa mengenai jejak digital, walau pengetahuan mengenai pengelolaan tersebut belum sepenuhnya diketahui. Kata kunci: Jejak digital, personal branding, storyboard, animasi 2D, mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...