eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN UI DAN UX DESIGN GAME PUZZLE UNTUK ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN OBJEK WISATA SAJUTA JANJANG

Ahdi, Muhammad Aufil (Unknown)
Mario, Mario (Unknown)
Rahadianto, Irfan Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Sajuta Janjang adalah tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Singgalang,Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pembangunan Sajuta Janjang awalnya bertujuanuntuk mempermudah warga masyarakat dalam mencapai puncak Gunung Singgalang.Keindahan alam di sekitar Sajuta Janjang menarik banyak wisatawan, mencapaipuncaknya pada tahun 2019. Namun, sejak tahun 2020, kunjungan wisatawanmengalami penurunan, yang semakin drastis pada tahun 2022, disebabkan oleh wabahpandemi, erupsi Gunung Marapi, dan kurangnya upaya pemerintah dalam pengelolaan.perancangan ini berfokus dalam memperkenalkan wisata Sajuta Janjang denganmenawarkan salah satu solusi berupa perancangan user interface (UI) dan userexperience (UX) game puzzle yang baik agar tepat sasaran. Data berbentuk campurandengan metodologi studi pustaka, observasi, wawancara, survei, dan karya sejenis.Analisis data yang digunakan meliputi analisis SWOT, analisis grafik, analisis konten, dananalisis perbandingan. Dengan demikian, perancangan UI dan UX pada game puzzle inidiharapkan dapat menjadi media informasi yang efektif bagi orang tua dan anak,sehingga mampu meningkatkan kembali kunjungan wisata ke Sajuta Janjang. Kata Kunci: user interface, user experience, UI, UX, game, puzzle, Sajuta Janjang, wisata

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...