Latar Belakang : Anak usia dini mengalami perkembangan pesat dalam berbagai aspek, termasuk bahasa, yang berperan penting dalam keterampilan membaca. Pengenalan membaca sejak dini dapat didukung dengan media pembelajaran variatif, seperti kartu suku kata bergambar yang efektif meningkatkan keterampilan membaca secara visual dan interaktif. Tujuan : Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengenal peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui pengunaan media kartu suku kata bergambar di RA darussalam Kota Siantar. Metode : Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas, setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi dan refleksi. Hasil dan Pembahasan : Penggunaan media suku kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Darussalam. Melalui pre-test, diketahui bahwa 2 dari 19 siswa mencapai ketuntasan. Walaupun begitu, melalui perencanaan dan kolaborasi dengan guru, serta penyediaan media dan instrumen penilaian yang tepat, terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa. Hal ini menunjukkan bahwa media suku kata bergambar dapat membantu mengatasi kesulitan siswa dalam mengenali huruf dan kata. Kesimpulan : Penggunaan media suku kata bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Darussalam, dengan tingkat ketuntasan mencapai 94,73%. Namun, terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, seperti perbedaan perkembangan anak, kesulitan menggabungkan suku kata, serta kurangnya partisipasi aktif dalam membaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024