Kecanduan, baik berupa zat maupun perilaku, merupakan masalah serius yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik individu. Di Indonesia, berbagai jenis kecanduan seperti perjudian online, penggunaan ponsel berlebihan, merokok, pornografi, dan penyalahgunaan narkoba telah menjadi masalah yang mengkhawatirkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX aplikasi mobile bernama ReMotive yang dapat membantu individu mengatasi kecanduan berbasis metode design thinking. Proses perancangan melibatkan lima tahap: empathize (melalui wawancara pengguna dan ahli), define (mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pengguna), ideate (mengembangkan solusi kreatif), prototype (membuat desain interaktif), dan testing (menguji kegunaan). Hasil penelitian menghasilkan prototipe aplikasi yang mencakup fitur perencanaan berhenti dari kecanduan, edukasi, terapi berbasis Cognitive Behavioral Therapy (CBT), tombol darurat untuk mengatasi keinginan (craving), dan akses ke bantuan profesional. Pengujian menunjukkan bahwa prototipe dianggap bermanfaat oleh target pengguna dan mendapat validasi dari ahli, meskipun masih memerlukan beberapa penyempurnaan seperti penambahan fitur komunitas, to-do-list harian, dan peningkatan interaktivitas pada beberapa fitur.
Copyrights © 2025