Metaverse merupakan dunia virtual tiga dimensi yang menawarkan pengalaman interaktif melalui avatar digital. Dalam konteks pendidikan, metaverse dapat meningkatkan pengalaman belajar kolaboratif dan keterlibatan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan arsitektur metaverse pada Institusi Jakarta Utara menggunakan kerangka kerja Enterprise Architecture Planning (EAP). Pendekatan EAP mencakup berbagai aspek, seperti visi dan strategi, arsitektur bisnis, arsitektur informasi, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi, serta manajemen proyek dan tata kelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan EAP dapat menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan berkelanjutan. Penggunaan metaverse di Institusi Jakarta Utara berhasil memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan fleksibel, memungkinkan partisipasi mahasiswa dalam simulasi interaktif, laboratorium virtual, dan kolaborasi proyek tanpa batasan geografis. Faktor kunci keberhasilan ini meliputi resolusi visual yang tinggi, kecepatan frame yang stabil, serta desain lingkungan virtual yang intuitif dan ergonomis. Implementasi ini juga berhasil mengurangi ketidaknyamanan fisik dan motion sickness yang sering dialami pengguna dalam lingkungan virtual. Kesimpulannya, arsitektur metaverse berbasis EAP memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Institusi Jakarta Utara, dengan menyediakan platform pembelajaran yang dinamis dan relevan dengan kebutuhan era digital.
Copyrights © 2025