Jurnal Kajian Pendidikan IPA
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal Kajian Pendidikan IPA

Pengembangan LKPD konservasi & lutung kasarung dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) melalui design thinking framework

Hidaya, Nurul (Unknown)
Kosasih, Erni Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan asesmen formatif berupa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran IPA. Keterbaruan pada penelitian pengembangan ini terletak pada penggunaan kerangka berpikir menggunakan lima prinsip Design Thinking dimulai dari fase Empathy, Define, Ideate, Prototype dan Test & evaluate. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli (Bahasa, isi dan penyajian).  Instrumen validasi yang digunakan menggunakan skala Guttman. Jumlah sampel yaitu sebanyak 36 peserta didik kelas VII. Berdasarkan uji validasi dari lima  ahli didapatkan hasil sebesar 3,23 dengan kategori valid. Diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) layak diujicobakan dengan revisi sesuai komentar dan saran para ahli.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pendidikan IPA (JKPI) dengan nomor P-ISSN: 2798-7043 dan E-ISSN: 2798-7043 merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, FPIK, Universitas Garut. Jurnal ini bertujuan mempublikasikan artikel hasil penelitian atau pemikiran pada bidang Pendidikan IPA, Pendidikan ...