Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Furqon Cimerak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah serta beberapa guru MA Al-Furqon Cimerak pada bulan Januari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi dalam meningkatkan motivasi dan kompetensi guru melalui berbagai strategi, seperti pemberian penghargaan, pelatihan profesional, supervisi akademik, dan penguatan budaya organisasi. Indikator keberhasilan mencakup peningkatan partisipasi guru dalam pelatihan, meningkatnya motivasi kerja guru, serta peningkatan kualitas pembelajaran yang tercermin dalam metode pengajaran yang lebih inovatif dan kolaboratif. Studi ini memberikan wawasan bagi kepala sekolah dalam merancang strategi kepemimpinan yang lebih efektif guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.
Copyrights © 2025