Penelitian ini mengkaji peran guru dalam memotivasi belajar siswa, yang sangat penting untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai sumber inspirasi yang membimbing siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Data penelitian ini bersumber dari berbagai literatur bacaan seperti buku, artikel dan jurnal. Melalui berbagai cara seperti menciptakan lingkungan yang nyaman, memberikan metode pengajaran terbaik, membuat siswa merasa berharga, serta melakukan pendekatan personal, guru dapat meningkatkan motivasi siswa baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Penerapan growth mindset dalam pembelajaran menjadi kunci utama dengan menekankan usaha dan proses belajar, bukan hanya hasil akhir. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, memberikan umpan balik konstruktif, dan menggunakan strategi penguatan positif, guru dapat mendorong siswa untuk mengembangkan sikap belajar yang lebih terbuka dan tahan terhadap kegagalan, sehingga memperkuat motivasi belajar dan mendukung perkembangan pribadi siswa yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025