Penelitian ini berfokus pada kolaborasi yang dilakukan oleh sekolah dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan kolaborasi antara guru dan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan beberapa narasumber dengan menggunakan beberapa pendekatan. Adapun subjek dari penelitian ini adalah 3 orang sebagai narasumber yaitu, Kepala Sekolah, guru, dan orang tua peserta didik di masing masing sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan metode analisis yang studi kasus. Melalui hasil penelitian yang sudah dilakukan, di temukan bahwa optimalisasi yang ada di sekolah merupakan suatu hal yang berdampak signifikan bagi peningkatan citra sekolah. Hal ini sejalan dengan pendapat yang sudah dikemukakan oleh narasumber dari kedua sekolah yang berpendapat bahwa orang tua memberikan kontribusi yang dapat meringankan program kerja yang dilakukan sekolah baik secara fisik maupun tukar pikiran..Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi, tentang pemahaman yang lebih baik terhadap kolaborasi antara guru dan orang tua di sekolah.
Copyrights © 2025