Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Ajir, Bau (Unknown)
Salmawati, Salmawati (Unknown)
Ishak, Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji inovasi pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar melalui studi literatur. Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik, implementasi, dan efektivitas pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD berdasarkan kajian terhadap publikasi ilmiah terkini. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur sistematis dengan menganalisis 20 artikel ilmiah (15 nasional dan 5 internasional) yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2017-2024. Analisis dilakukan dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan ekstraksi informasi relevan tentang implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika SD. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD di Indonesia umumnya diimplementasikan melalui project-based learning, problem-based learning, dan inquiry-based learning yang mengintegrasikan lima bidang STEAM. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pemahaman konsep matematika, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan kompetensi guru, infrastruktur pendukung, dan kesesuaian dengan kurikulum nasional. Berdasarkan kajian literatur, disimpulkan bahwa pendekatan STEAM merupakan inovasi yang potensial untuk pembelajaran matematika SD dengan memperhatikan konteks kearifan lokal, pembelajaran berbasis proyek, dan pemanfaatan teknologi digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...