Artikel ini mengkaji inovasi pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar melalui studi literatur. Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik, implementasi, dan efektivitas pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD berdasarkan kajian terhadap publikasi ilmiah terkini. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur sistematis dengan menganalisis 20 artikel ilmiah (15 nasional dan 5 internasional) yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2017-2024. Analisis dilakukan dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan ekstraksi informasi relevan tentang implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika SD. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD di Indonesia umumnya diimplementasikan melalui project-based learning, problem-based learning, dan inquiry-based learning yang mengintegrasikan lima bidang STEAM. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pemahaman konsep matematika, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan kompetensi guru, infrastruktur pendukung, dan kesesuaian dengan kurikulum nasional. Berdasarkan kajian literatur, disimpulkan bahwa pendekatan STEAM merupakan inovasi yang potensial untuk pembelajaran matematika SD dengan memperhatikan konteks kearifan lokal, pembelajaran berbasis proyek, dan pemanfaatan teknologi digital
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025